Minggu, 28 Desember 2014

Pengenalan Software Bahasa Pemprograman


Pengenalan Bahasa Pemprograman.

Hai teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang bahasa pemprograman kepada teman-teman semua. Disimak ya J

Bahasa pemprograman adalah software tambahan yang diinstalkan disebuat PC yang dapat membantu dalam pembuatan program. Bahasa pemprograman memiliki beberapa tingkatan, yaitu:
1.       Bahasa tingkat rendah
     2.       Bahasa tingkat tinggi
3.       Bahasa Menengah

Kenapa dinmakan bahasa tingkat rendah? Disebut sebagai bahasa tingkat rendah karena jenis bahasa pemprograman itu masih menggunakan bahasa biner (1011010)

Sedangkan Bahasa tingkat menengah disebutkan karena software bahasa pemprograman itu menggunakan bahasa campuran antara bahasa manusia dan bahasa mesin.

Dan pada pemprograman yang menggunakan bahasa tingkat tinggi menggunakan bahasa manusia dalam pemprogramannya, hal itu berguna untuk mempermudah si programmer memerintah si komputer.
Salah satu contoh bahasa pemprograman tingkat tinggi adalah : Java,Vb,Delphi,dll

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengenalan Software bahasa pemprograman. Semoga teman-teman semua menyukainya. Terima Kasih :D 

Perbedaan Masyarakat Perdesaan dengan Masyarakat Perkotaan

Hai teman-teman semua, terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Mengingat sekarang adalah masa-masa natal dan tahun baru, pasti banyak nih temen-temen yang merayakannya menggunakan kesempatan pulang kekampung halaman. Begitu juga dengan saya, saya sebenarnya adalah mahasiswa perantauan, kampung halaman saya sebenarnya di Riau tepatnya kecamatan Tualang. Ketika saya pulang kampung kemaren saya merasakan banyak perbedaan dengan lingkungan saya selama lagi kuliah :D .

Kalau kita tinjau dari pengertiannya , Masyarakat Perkotaan adaalah sekumpulan orang yang tinggal di tempat yang sudah modern, sedangkan masyarakat perdesaan adalah sekumpulan orang yang tinggalnya masih di tempat yang bersifat kedaerahan. Berikut ini saya jabarkan yang menurut saya perbedaan intinya.

1. Bahasa
Pada saat saya sampat di riau, walaupun memang pekanbaru sudah kota namun masih bisa dikategorikan belum terlalu bersifat kota. Kebanyakan disana menggunakan bahasa daerah mereka dalam berbahasa, berbeda sekali dengan di perkotaan yang sudah menggunakan bahasa formal.

2. Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk diperkotaan sanggaaaaat jauh berbeda dari jumlah penduduk di perdesaan. Padatnya penduduk dikota menyebabkan sempitnya lingkungan rumah,macet,dll. Hal ini sangat jauh berbeda dari keadaan masyarakat perdesaan.

3. Sosialisasi
Masyarakat diperkotaan umumnya bersifat individualisme dan lebih mementingkan smartphone nya dari pada mengobrol dengan orang disekitarnya, hal ini sangat jauh berbeda dengan dipedesaan yang selalu bersosialisasi setiap hari.

4. Sisi Teknologi
Masyarakat diperdesaan umumnya masih bersifat alamiah dan kurang berteknologi, hal ini sangat jauh berbeda dengan keadaan diperkotaan yang serba komputerisasi. Bahkan sudah menggunakan robot. Ada sisi positif dan negatifnya sih dari penggunaan teknologi ini. Yah temen teman pasti sudah taulah apa sisi negatif dan positifnya kan? :D

Pada umumnya hanya hal-hal diatas yang menurut saya menjadi perbedaan yang mencolok antara masyarakat perdesaan dan perkotaan. Mungkin hanya sekian yang dapat saya ceritakan pada postingan kali ini. Kurang lebihnya saya minta maaf. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih :D




Pembuatan Program sederhana pada linux


Hai, terimakasih telah berkunjung. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pembuatan program sederhana pada linux dengan memanfaatkan shell. Selamat membaca :)

Logika Program Kedai


Pada listing program diatas, kita melihat kita menggunakan perintah echo yang berarti memerintahkan untuk menampilkan tulisan “Menu Hari Ini” dan pada baris selanjutnya menampilkan caracter “-------------“  yang merupakan sekedar penghias untuk yang ditampilkan nantinya. Lalu kita juga menampilkan menu-menu yang akan ditawarkan, diantaranya adalah Bakso,Gado-gado, dan Exit. Setelah menu exit saya menampilkan caracter “=======” hanya sekedar untuk penghias saja. Lalu dibawahnya kita memasukkan perintah untuk membaca data yang diinput oleh user, yang mana angka tersebut disarankan adalah dari angka 1 sampai angka 3 saja dan angka tersebut akan disimpan dalam variabel “pil”

Lalu kita memberikan program percabangan “If else bertingkat” yang mana pernyataan pertamanya, bila pilihan yang dimasukkan oleh user adalah equivalen 1 maka akan menampilkan “Banyak Mangkok” yang mana nanti si user juga akan memasukkan data lagi seberapa banyak mangkok yang dia mau. Dan banyak nya jumlah yang user mau kita simpan dalam variabel “jum”. Dan setelah itu akan ada proses penghitungan dimana variabel bayar itu isinya adalah variabel jumlah dikali 6000.
Selanjutnya kita masuk kedalam listing program percabangan selanjutnya yaitu , bila pada saat menu pilihan itu user memasukkan data berupa equivalen 2 ,  maka program akan memunculkan pesan yang bertanya “Banyak Porsi” yang mana nantinya si user akan memasukkan data lagi, dan akan disimpan dalam variabel jumlah. Lalu setelah itu akan ada proses penghitungan lagi yang mana variabel bayar itu isinya dari variabel jumlah dikalikan dengan 5000.

Lalu, kita masuk pada percabangan selanjutnya, bila tipe data yang dimasukkan user saat menu pilihan tadi adalah equivalen 3, maka program akan keluar (exit) dan bila user memasukkan data diluar dari angka yang ditentukan, maka akan muncul pesan “Sorry tidak tersedia” dan selanjutnya program akan di exit. Dibawahnya kita dapat melihat syntaks “fi” yang merupakan tanda bahwa itu akir dari percabangan bertingakat tadi.

Selanjutnya bila user sudah memasukkan data yang benar, maka akan muncul pesan “Harga bayar “ yang akan ditambah dengan nominal yang tersimpan pada variabel bayar. Dan setelah itu akan menampilkan pesan “Terima Kasih” . Dan syntaks break diatas memerintahkan program untuk keluar dari proses perulangan (looping) dan dibawahnya ada perintah done yang berfungsi untuk meng-akhiri program.
Berikut adalah tampilan program saat dijalankan



Baiklah, sekian yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat berguna bagi kita semua. Terimakasih :)


Pengenalan dan Perkembangan Komputer

Hai, apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan/menuliskan kembali isi dari laporan akir dari praktek PTKI yang dapat saya mengerti. Pada postingan kali ini akan lebih fokus ke arah perkenalan dan perkembangan komputer. Semoga postingan saya ini bermanfaat bagi kita semua :)

 I     Definisi dan Sejarah Komputer
Komputer adalah suatu mesin yang diciptakan Manusia yang awalnya memiliki fungsi seperti “kalkulator” dan seiring perkembangan zaman akirnya komputer sudah bisa membantu pekerjaan manusia dalam bidang pem-prosessan datasecara elektronik. Dulu komputer hanya bisa digunakan untuk menghitung belum bisa menampilkan grafik dan menjalankan program seperti komputer zaman sekarang.     
Berikut adalah definisi Komputer menurut para ahli:
a.       Robert H Blissmer (buku Computer Annual)
“Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memprosesnya dan menghasilkan output yang berupa informasi”
b.      Donald H.Sanders (buku Computer today)
“Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).”

Secara umum Komputer dapat dinyatakan sebagai:
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja scara otomatis.

II   Perkembangan Komputer
Dalam perkembangannya, komputer dibagi dalam beberapa generasi, yaitu:
1.      Generasi Pertama (1946-1959)
Pada masa generasi pertama dalam perkembangannya, komputer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
       Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
       Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER
       Ukuran fisik komputer sangat besar dan Cepat panas
       Proses kurang cepat dan Kapasitas penyimpanan kecil
       Memerlukan daya listrik yang besar
       Orientasi pada aplikasi bisnis


Berikut adalah contoh komputer pada generasi pertama adalah:
a.       ENIAC (1946) , komputer ini memiliki berat lebih dari 30ton dan besarnya lebih 2dari 500m­2  dan membutuhkan daya listrik sebesar174kilowats
b.      IBM 701 (1953), komputer komersial berukuran besar dan juga merupakan komputer generasi pertama yang terpopuler

2.      Generasi kedua (1959-1964)
Ciri-ciri komputer pada masa ini adalah:
      Sirkuitnya berupa transistor
      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; ex (cobol,algol,fortran)
      Kapasitas memori utama sudah cukup besar (puluhan ribu karakter)
      Proses operasi sudah cepat
      Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
      Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Contoh komputer pada generasi ini adalah “IBM 401” & “IBM1602”

3.      Generasi ketiga (1964-1970)
Komputer pada generasi ini memiliki ciri-ciri:
      Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
       Pemrosesan lebih cepat
       Kapasitas memori lebih besar lagi
       Penggunaan listrik lebih hemat
       Bentuk fisik lebih kecil (ratusan ribu karakter)
       Banyak bermunculan application software
Contoh Komputer pada generasi ini adalah:
 1. IBM S/360 (1964)  komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
2. NOVA (1969) dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama
4.   Generasi Keempat (1970-1990)
Pada generasi ini komputer sudah menggunakan LSI (LargeScaleIntegration) atau nama lainya BLSI(BipolarLargeScaleIntegration) dan pada generasi ini sudah dikembangkannya mikro prosesor dan memory komputer. Contoh komputernya adalah IBM 370, Cray-1, Apple I, Apple II, Komputer IBM PC yang pertama  Pentium II , AMD K6 3D. Perlu diketahui bahwa pada generasi ini sudah menggukan Windows versi pertama.
5.      Generasi Kelima (Sejak 1990-sekarang)
Ciri-ciri komputer pada masa ini adalah Menggunakan VLSI yang merupakan pengembangan dari LSI dan dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium. Dan juga kurannya semakin kecil

III        Jenis-Jenis Komputer
            Komputer dibedakan berdasarkan 3 hal yaitu:
1.      Data yang di olah
Komputer Analog à mengolah data kualitatif
            Komputer Digital à mengolah data kuantitatif
            Komputer Hybrid à kombinasi antara analog dan digital

2.      Penggunaan
Merupakan tentang penggunaan komputer secara umum dan khusus.
·         Komputer untuk tujuan Khusus (special purpose computer)
                   server, PC Routher, atau terminal dumb
·         Komputer untuk tujuan Umum (general purpose computer)

3.      Bentuk dan Ukuran
Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dibagi menjadi:
a.       Super Computer, Menyelesaikan masalah yang kompleks,harganya relative mahal, komputer ini umumnya digunakan oleh pihak Pemerintah dan Universitas
b.      Mainframe Computer, Computer yg digunakan ketika user membutuhkan akses untuk menjalankan program,dan memakai data secara bersama-sama. Biasanya sebagai server e-commerce
c.       Mini Computer, Computer ini lebih kecil dari MainFrame computer dan lebih besar dari micro computer, biasanya digunakan sebagai server dari suatu jaringan.
d.      WorkStation Computer, merupakan komputer single user (satu pengguna) yang sangat powerfull , biasanya digunakan untuk penggunaan komputer yang digunakan sebagai pekerjaan berat. Ex: Pembuatan Animasi Komputer
e.       Micro Computer, Merupakan jenis komputer pribadi yang digunakan orang dalam sehari-hari. Ex:Dekstop User, Laptop, dan PDA.


IV        Bagian-bagian Komputer
Komputer terdiri atas 3 bagian, yaitu Software,Hardware,dan Brainware. Suatu komputer tidak akan mungkin bisa dijalankan bila salah satu dari bagian tersebut tidak ada. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian komputer tersebut:
1.      Hardware
Hardware merupakan perangkat keras dari sebuah komputer (peralatan yang bisa disentuh secara langsung) Hardware dalam komputer memiliki 3 fungsi, yaitu “Input,Proses,dan Output”
Input berarti perangkat tersebut sebagai media memasukan data yang nantinya akan di proses komputer tersebut. Contohnya: Keyboard,Joystic,Mouse,dll.
Proses berarti perangkat tersebut sebagai alat pemprosessan pada komputer, umumnya perangkat pemprosesan ini terdapat di dalam CPU. Contohnya: Prosessor,RAM,dll.
Output berarti perangkat tersebut sebagai media mengeluarkan data yang tadinya sudah diproses oleh komputer. Contoh alat ini adalah: Monitor,Speaker,Printer,dll
2.      Software
Software merupakan perangkat lunak dalam sebuah komputer. Perangkat Lunak ini tidak bisa disentuh secara langsung. Software pada komputer terdiri dari 2 jenis, yaitu:
a.       Sistem Operasi, yaitu merupakan suatu sistem yang wajib diinstalkan dalam suatu komputer agar komputer tersebut bisa digunakan. Sistem Operasi berfungsi seperti sebuah jembatan penghubunga antara Hardware dan Brainware. Contoh Sistem Operasi adalah: Windows,Linux,Dos,Unix,MacOS,dll
b.      Program Aplikasi, yaitu merupakan program tambahan yang dipasang di sebuah komputer agar dapat melaksanakan tugas seperti mengetik,memutar lagu,dll.
Contoh Program Aplikasi adalah
·         Ms.Office
·         Anti Virus (Sebagai Utility pada komputer)
·         Java (Sebagai program aplikasi yang berfungsi sebagai bahasa pemrograman)

3.      Brainware
Brainware merupakan pengguna dari suatu komputer. Biasanya brainware itu merupakan “System Analysis,Programer,Administrator,Operator,dan pengguna biasa)




Pembahasan Tentang Hardware dalam CPU
CPU merupakan Otak dari sebuah komputer. Didalam CPU terdapat Hardware seperti:
·         MotherBoard/MainBoard : Papan induk dalam sebuah komputer, dimana papan ini merupakan tempat untuk memasangkan perangkat seperti harddisk,Ram,Procecor,dll
·         Procesor : Merupakan inti dari komputer agar bisa menjalankan perintah yang diberikan oleh brainware
·         Harddisk : Merupakan Media penyimpanan yang memiliki kapasitas sangat besar.
·         Ram : Merupakan alat yang membatu proses pekerjaan suatu komputer. Ram berfungsi sebagai suatu pesuruh dalam komputer agar dapat menjalankan banyak software dengan lancar.
·         CMOS : Merupakan perangkat yang terpasang pada motherboard yang berguna untuk sumber listrik kecil untuk menjalankan alat waktu untuk sebuah komputer. Sehingga bila komputer mati, hitungan waktu pada komputer tersebut tetap berjalan
·         LAN Card : Merupakan perangkat tambahan yang dipasangkan pada motherboard yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan, baik wireless ataupun dengan kabel
·         SoundCard : Merupakan alat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara
·         VGA Card : Merupakan alat yang berfungsi untuk membantu Monitor menampilkan grambar. Semakin tinggi kapasitas VGA yang terpasang, maka pixel pada monitor semakin bagus.
·         PowerSupply : Media pengubah arus listrik AC menjadi DC yang nantinya dialirkan ke motherboard agar setiap perangkat yang terpasang pada motherboard bisa dioperasikan
·         Kabel ATA/SATA : Sebagai alat penghubung antara harddisk dengan motherboard. Dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan motherboardnya.
·         Fan : Sebagai kipas pendingin yang dipasangkan dalam cpu agar suhu dalam cpu tidak panas dan menimbulkan kerusakan pada peralatan didalamnya.


Sekianlah yang dapat saya jabarkan tentang pengenalan komputer pada kali ini. Kurang lebihnya saya minta maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih :)

Java GUI

LOGIKA PROGRAM GUI

Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan logika dari program yang menggunakan tampilan GUI yang sangat sederhana, yaitu JOptionPane. Langsung saja kita simak penjelasannya :) 


            Pada awal programnya, saya memasukkan perintah “import javax.swing” yang berfungsi agar program ini nantinya bisa menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada library java swing. Tanda bintang disamping sintaks diatas berarti kita bisa menggungakan seluruh fitur-fiturnya tanpa terkecuali.
            Lalu seperti biasa saya memberi nama class dari program saya ini dengan nama “tugasGUI” . Lalu saya memberikan syntaks “public static void main” berfungsi agar program ini nantinya bisa dijalankan secara mandiri, tanpa bantuan class program lainnya, dan makna void pada syntaks itu bermaksud agar program ini tidak membalikkan nilai.

            Lalu saya memperkenalkan variabel angka dengan tipe data string, lalu saya menggunakan fitur library java swing tadinya,yaitu menggunakan “Joptionpane” . Pertama, untuk meminta inputan dari user saya menggunakan “JOptionpane”. Joptionpane ini merupakan program yang akan menampilakan kotak dialog ke user, JOption ada beberapa jenis, yang saya gunakan adalah yang bertipe “Question Message” yang berarti kotak ini nanti memberikan pertanyaan.  Saya memberikan tulisan Masukkan angka pertama agar user tau bahwa dia disuruh untuk memasukkan angaka pertama. Saya memberikan judul dari kotak itu degan nama “INPUT ANGKA”. Lalu data yang dimasukkan si user tadi akan disimpan dalam variabel angka yang masih bertipe data string. Lalu pada tahap selanjutnya saya meng-intejer kan tipe data dari variabel angka yang tadinya bertipe string
            Karna rule pada program ini adalah user meng-input data sebanyak dua kali dengan mode GUI, maka saya membuat langkah diatas sebanyak dua kali, tetapi variabel yang akan menyimpan data yang dimasukkan user saya beri nama angka2, yang mana variabel angka2 ini awalnya bertipe data string dan akan di intejerkan juga pada akirnya.

            Lalu, saya menambahkan variabel tambah,kurang,kali,bagi dengan tipe data intejer disini. Variabel-variabel ini nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan aritmatika. Disini dapat kita ketahui bahwa variabel “tambah” itu nantinya akan menyimpan data dari hasil penghitungan dari nilai dari variabel angka1 ditambah dengan nilai dari variabel angka2. Variabel “kurang” nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan antara nilai variabel angka dikurang nilai variabel angka2. Variabel “kali” nanti akan menyimpan hasil penghitungan dari angka dikali angka2, dan begitu juga dengan “bagi” yang nantinya juga akan menyimpan hasil data penghitungan antara angka dibagi angka2.

            Setelah proses penghitungan, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan pesan pada console (cmd) “Hasil penjumlahan dari angka yang anda input adalah” dan pada akir kalimat tersebut akan saya tambahkan nominal hasil penghitungan yang sudah disimpan pada variabel tambah, setelah itu untuk memperapi,saya perintahkan untuk membuat baris baru dengan perintah “println” . Setelah jadi baris baru, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan kata-kata hasil penghitungan lainnya seperti kurang,kali,dan bagi. Untuk langkah selanjutnya tinggal mengcompile program tersebut dengan cmd, lalu menjalankannya.
            Sekian logika program tersebut yang bisa saya sampaikan, untuk hasil output dari program tersebut dapat dilihat dihalaman selanjutnya. Terima Kasih .



HASIL OUTPUT PROGRAM




Sekianlah yang dapat saya posting pada saat ini. Jika ada yang salah saya minta maaf. Atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih :)

Java (Perulangan)

LOGIKA PROGRAM PERULANGAN YANG BATAS PERULANGAN DITENTUKAN OLEH USER

Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara logika dari program perulangan yang batas perulangannya ditentukan oleh user. Semoga tulisan ini dapat berguna bagi kita :)


Sintaks diatas berarti dalam program yang akan kita buat ini kita memberikan layanan input yang akan dilakukan oleh user dari program ini, perintah untuk memberikan input ada banyak dalam java, pada program ini saya menggukan “scanner” karena lebih mudah dalam pengcodingannya. Lalu setelah itu kita memberi class pada program ini dengan nama “batas”. Lalu codingan berikutnya merupakan perintah agar program yang kita buat ini dapat dijalankan secara mandiri(berjalan sendiri tanpa program dengan class lain)

Pada tahap selanjutnya, saya memperkenalkan variabel batas dengan tipe data intejer yang berarti nilai dari variabel itu nantinya adalah bilangan bulat. Selanjutnya saya memberi perintah untuk melakukan pembacaan data yang dimasukkan oleh user. Saya memerintahkan untuk menampilkan tulisan “masukkan batas perulangan” yang berarti saat itulah si user memasukkan perintah berupa angka. Perintah yang dimasukkan oleh user pada tahap selanjutnya diIntejer kan terlebih dahulu.

Tahap selanjutnya adalah memperkenalkan variabel “i” dengan tipe data intejer. Lalu setelah itu saya memberikan perintah perulangan, yang mana “i” saya beri nilai 0 (nol) dan apabila i lebih kecil dari nominal nilai variabel batas maka nilai “i” akan ditambahkan satu dan akan melakukan perulangan dengan menampilkan kata “ini perulangan ke” lalu diakir kalimatnya diberi nilai dari “i” tersebut.


Berikut ini adalah hasil output program tersebut bila dijalankan

Sekian penjelesan saya tentng perulangan ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.




Java (Method,Class,Objek)

Selamat malam :) Kembali berjumpa lewat postinga blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memposting tentang Method,class,dan objek pada java yang sudah dicampur aduk kedalam program. (cie elah dicampur aduk :D)



Pada gambar diatas kita dapat melihat kode yang merupakan kode/statement diawal program yang berfungsi agar program yang dijalankan akan memerintahkan user untuk memasukkan angka secara manual.

Sintaks seperti gambar diatas menunjukkan kepada kita bahwa dalam program ini kita membuat salah satu nama class nya dengan “kotak”. Dan didalam kelas kotak kita memperkenalkan variabel-variabel yang akan digunakan dengan method “double” yang berarti angka yang akan dimasukkan bisa bilangan berkoma. Tetapi bila kita cermati pada class ini kita tidak memberikan method main void, jadi nantinya program class ini tidak bisa dijalankan secara sendiri, namun tetap bisa dijalankan dengan istilah menumpang pada class yang memanggil class ini.

Kode diatas berfungsi untuk menampilkan caracter pada dalam kurung tepatnya diantara tanda kutip dua lalu nantinya akan ditambah dengan hasil dari hasil penghitungan antara “panjang x lebar x tinggi”

Selanjutnya dalam satu file java ini kita membuat class kedua dengan nama “demokotak1” dan diberi codingan agar class yang ini dapat dijalankan secara sempurna saat dijavac. Pada Gambar diatas juga kita mengetahui bahwa kita memanggil class kotak yang pertama kita buat tadi untuk digunakan sebanyak dua kali dalam sekali menjalankan programnya. Dan dibaris terakir terdapat kode yang berfungsi untuk membaca hasil masukkan dari pengguna nanti.

Seperti yang terlihat diatas, kita memunculkan tulisan Masukkan Panjang,Masukkan Lebar, dan Masukkan Tinggi ke layar dan akan disertai dengan perintah untuk si user meng-input data semaunya yang mana data yang diinput si user nantinya akan di bulatkan. Disini dapat kita ketahui akan melakukan 2 penghitungan langsung nantinya.

Nah, berikut ini merupakan operasi penghitungan yang nantinya akan dikerjakan oleh komputer agar bisa mengeluarkan hasil sesuai dengan penghitungan aritmatika, dan tentunya hasilnya akan disimpan ke variabel yang sudah perkenalkan tadi. Sekali lagi, disini kita akan menghitung 2 volume sekali gus dengan angkat yang berbeda-beda yang tentunya sudah ditentukan oleh si user tadinya.

Disini kita memerintahkan komputer untuk memculkan teks kosong, yang mana nantinya teks kosong itu akan ditimpa(diisi) oleh isi oleh hasil penghitungan aritmatika dengan rumus yang kita tentukan tadinya.





Jadi, ketika kita mensave file java nya, dan mencoba menjavac nya, nantinya akan muncul 2 file class yang merupakan 2 class yang kita buat dalam 1 file java ini. Untuk lebih jelasnya saya memberikan gambar bukti bahwa munculnya 2 class yang kita buat tadinya.

Lalu, untuk menjalankan programnya kita harus menjalankan class yang ada method voidnya, karena bila kita menjalankan class yang tidak ada method void nya maka akan muncul pesan kesalahan seperti dibawah ini.

Jadi jika ingin menjalankan programnya kita jalankan class demokotak1,karena class tersebut memiliki method void , sehingga program pada class itu dapat dijalankan secara sempurna. Berikut adalah gambar saat program sudah dijalankan.


 Sekianlah yang dapat saya posting pada kali ini, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya Terimakasih