Minggu, 28 Desember 2014

Java (Perulangan)

LOGIKA PROGRAM PERULANGAN YANG BATAS PERULANGAN DITENTUKAN OLEH USER

Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara logika dari program perulangan yang batas perulangannya ditentukan oleh user. Semoga tulisan ini dapat berguna bagi kita :)


Sintaks diatas berarti dalam program yang akan kita buat ini kita memberikan layanan input yang akan dilakukan oleh user dari program ini, perintah untuk memberikan input ada banyak dalam java, pada program ini saya menggukan “scanner” karena lebih mudah dalam pengcodingannya. Lalu setelah itu kita memberi class pada program ini dengan nama “batas”. Lalu codingan berikutnya merupakan perintah agar program yang kita buat ini dapat dijalankan secara mandiri(berjalan sendiri tanpa program dengan class lain)

Pada tahap selanjutnya, saya memperkenalkan variabel batas dengan tipe data intejer yang berarti nilai dari variabel itu nantinya adalah bilangan bulat. Selanjutnya saya memberi perintah untuk melakukan pembacaan data yang dimasukkan oleh user. Saya memerintahkan untuk menampilkan tulisan “masukkan batas perulangan” yang berarti saat itulah si user memasukkan perintah berupa angka. Perintah yang dimasukkan oleh user pada tahap selanjutnya diIntejer kan terlebih dahulu.

Tahap selanjutnya adalah memperkenalkan variabel “i” dengan tipe data intejer. Lalu setelah itu saya memberikan perintah perulangan, yang mana “i” saya beri nilai 0 (nol) dan apabila i lebih kecil dari nominal nilai variabel batas maka nilai “i” akan ditambahkan satu dan akan melakukan perulangan dengan menampilkan kata “ini perulangan ke” lalu diakir kalimatnya diberi nilai dari “i” tersebut.


Berikut ini adalah hasil output program tersebut bila dijalankan

Sekian penjelesan saya tentng perulangan ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar