Selasa, 20 Oktober 2015

Teknologi New Media


Halo! , Selamat datang di blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Teknologi New Media. Adapun pokok-pokok yang akan saya bahas adalah; Definisi,Manfaat,Komponen,dan Aplikasi New Media. Selamat membaca
 
1.   Definisi

New Media atau yang dalam bahasa indonesianya disebut media baru adalah suatu era perkembangan teknologi yang mengarah pada titik pertemuan antara suatu teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi yang mana teknologi ini berkaitan erat dengan jaringan.

Secara tidak langsung, teknologi new media ini adalah salah satu perkembangan didalam dunia teknologi yang hadir di akhir abad ke-20 sampai dengan sekarang. Secara sederhana teknologi new media ini dapat kita gambarkan pada suatu teknologi yang menghubungkan suatu komputer dengan manusia(pengguna) dan dengan manusia lainnya (sudah pasti menggunakan jaringan untuk menghubungkan suatu pengguna dengan pengguna lainnya) 

     .
            Adapun ciri-ciri dari teknologi new media ini adalah:
      1.  Pesan individual dapat dikirimkan ke sejumlah orang yang tak terbatas, secara     bersamaan
      2.  Setiap orang yang terlibat dalam suatu isi media dapat mengontrol timbal balik atas konten tersebut.
Adapun beberapa contoh dari teknologi new media adalah web,blog,jejaring sosial (sosmed), forum online,dll.

        2. Manfaat 

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa manfaat dari teknologi new media dalam beberapa bidang:

    Bidang Sosial

·         Dengan adanya teknologi new media yang mendukung terhubung/terkoneksinya antara satu pengguna dengan pengguna lainnya dapat mendukung interaksi sosial. Seperti yang  banyak digunakan pada saat ini adalah facebook,twitter,dll

    Bidang Industri/Dagang

·         Penggunaan teknologi new media juga dapat membantu bidang perindustrian/perdagangan dalam memperkenalkan barangnya kepada publik.
·         Dengan teknologi new media ini memungkinkan untuk dapat melakukan proses penjualan/pembelian barang secara online.

     Bidang Pendidikan

·         Dengan adanya teknologi new media dapat membantu siswa /tenaga pembimbing dalam mencari referensi pembelajaran.
·         Memungkinkan bisa terjadinya diskusi secara online melalui beberapa forum online tertentu.

Penggunaan teknologi new media memang memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Namun secara tidak langsung penggunaan teknologi new media bisa saja malah memberikan dampak negative bila tidak digunakan sebaik-baiknya. 

Misalnya saja dalam bidang sosial, seseorang yang berlebihan dalam penggunaan jejaring sosial biasanya akan terbiasa hidup dengan hp/gadget/atau laptopnya. Bahkan banyak kita temui orang-orang yang asik dengan hp/gadgetnya sendiri saat berbicara dengan oranglain. Masih banyak lagi dampak dampak buruk yang bisa terjadi bila kita salah menggunakan teknologi saat ini.

           3.   Komponen-komponen New Media

Berikut ini saya akan mencoba menguraikan beberapa komponen-komponen pembentuk sehingga teknologi new media bisa terjadi:

a.    Produsen

Merupakan pihak yang menciptakan wadah/sarana yang mana wadah/sarana yang ia ciptakan nantinya dapat terhubung dengan orang-orang lain. Produsen bisa saja berupa perorangan (blog,web) , perusahaan (online shop) yang mana mereka menciptakan wadah itu untuk kepentingannya masing-masing.

b.    Distributor

Merupakan penghubung dari suatu wadah yang telah diciptakan oleh produsen agar dapat diakses oleh konsumen. Contoh dari komponen Distributor adalah komputer,akses internet,dll

c.    Konsumen

Merupakan pihak yang meng-akses wadah yang telah disediakan oleh produsen.

   
                   4 Aplikasi new media
 
Adapun beberapa aplikasi new media adalah:

1.    Sosial Media
Contoh aplikasi new media dalam bidang sosial media adalah Facebook,twitter,path dll .  Yang mana aplikasi ini dapat membantu kita dalam berinteraksi dengan orang yang jauh dari kita

2.    Online Shop
New media dalam bidang perdangangan adalah online shop. Dengan adanya aplikasi online shop ini dapat membantu seorang pengusaha dalam menjual barang/jasanya kepada orang lain melalui bantuan internet.

3.    Informasi/Pendidikan
Aplikasi dalam Informasi/Pendidikan semata-mata dibuat untuk membantu para aktivitas akademik/non akademik dalam pencariaan referensi pembelajaran.





Dalam penulisan artikel kali ini saya mendapatkan referensi dari berbagai sumber, diantaranya; 

1. http://komunikasi.us/index.php/course/perkembangan-teknologi-komunikasi/1174-media-baru

      Sekian penjelasan saya tentang Teknologi New Media, kurang lebihnya dalam penulisan saya kali ini saya minta maaf yang sedalam-dalamnya. Semoga apa yang saya tulis ini dapat berguna bagi kita semua. Trimakasih atas kunjungannya.



1 komentar:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    BalasHapus