Minggu, 28 Desember 2014

Java (Kalkulator Sederhana)


Pembahasan Coding program KalkulatorSederhana pada Java


Hai, terimakasih udah ngunjungin blog saya. Pada kesempatan kali iini saya akan mencoba memposting tentang pelajaran saya, yaitu tentang pemprograman java. Tepatnya untuk program Kalkulator sederhana. Langsung saja kita bahas :)


import java.io.DataInputStream, merupakan class inputan yang telahtersediaolehprogram java untukmenerimamasukandari user yang kemudiandiikutioleh variablepenampungseluruhinputan.
import java.io.IOException , merupakankelasinputan yang telahtersediaolehprogram java untukmenyediakanpenangananterhadap error ataukesalahan.
public class KalkulatorSederhana { , merupakan code untuk penamaan class dari program ini.
public static void main(String[] args) throws Exception{berfungsiuntukmendeklarasikam method( ) dengan statement throws Exception yang artinyamelemparkan Exception tersebutkedalam method untukmendefinisikankondisi yang  terjadiapabilaapabilamenerimaExceptintersebut.
DataInputStream input = new DataInputStream(System.in);berfungsi sebagai kelasabstrak yang dirancangsebagaikelasinduk yang digunakan untuk melakukanpembacaan data.
String strnama berfungsi sebagai memanipulasi data teks, sedangkan nullberfungsi karakter yang dibuat tidak harus berisi nilai
Try{ kode ini berfungsi sebagai penangan masalah pada thread agar threadnya tidak mati jika ada masalah.
System.out.println (“Masukkannama : “)merupakan kode yang berfungsi untuk memunculkan huruf atau kata yang terdapat diantara tanda kutip dua.
strnama= input.readline()method tersebutakanmendapatkan input dari user danmemberikansebuahnilai String. Nilaiiniakandisimpankedalamvariabel name, yang akankitagunakanpada statement akhiruntukmenyambut user.
System.out.println (“MasukkanNPM : “)berfungsiuntukmencetakangkaataukarakter di LayarMasukkan NPM:
strNPM = input.readLine();berfungsi untuk mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan kedalam variabel yang akan dimunculkan pada statement akir untuk menyambut user.
System.out.println();merupakan kode yang berfungsi untuk menampilkan sesuatu pada layar
System.out.println("NB: Angka Pertama yang diinput harus lebih besar dari Angka Kedua");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2.
System.out.println("Masukkan Angka Pertama: ");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2 dan termaksud ruang yang nantinya akan diisi oleh user dengan angka
strangka1 = input.readLine();Merupakan kode agar nominal yang barusan di input oleh user disimpan dalam variabel strangka1
System.out.println("Masukkan Angka Kedua: ");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2 dan termaksud ruang yang nantinya akan diisi oleh user dengan angka
strangka2 = input.readLine();Merupakan kode agar nominal yang barusan di input oleh user disimpan dalam variabel strangka1






Intangka 1;adalahsebagaipengenal variable-variabel yang akan digunakan dalam penghitungan maupun pengenalan untuk variabel dari angka pertama dan angka kedua yang di input.
tambah = angka1 + angka2;Merupakan Prosedur penghitungan yang dilakukan
kurang = angka1 - angka2;                            dengan menggunakan variabel-variabel yang sudah    
kali = angka1 * angka2;                                 diperkenalkan sebelumnya, dan nantinya hasil dari
bagi = angka1 / angka2;                 penghitungannya akan disimpan pada variabel itu sendiri.

System.out.println();
System.out.println("Kalkulator sederhana ini dibuat oleh "+strnama+" dengan NPM "+strNPM);
System.out.println("Hasil Pertambahan angka pertama dengan angka kedua: "+tambah);
System.out.println("Hasil pengurangan angka pertama dengan angka kedua: "+kurang);
System.out.println("Hasil Perkalian angka pertama dengan angka kedua: "+kali);
System.out.println("Hasil Pembagian angka pertama dengan angka kedua: "+bagi);
Merupakankodeperintah yang berfungsiuntukmenampilkanteks yang beradadiantaratanda
kutip2 yang nantinyajugaakandihiasatauditambahdengannilai-nilai dari variabel, seperti

variabel strnama,strNPM,tambah,kurang,kali,dan bagi.

Sekian penjelasan yang dapat saya posting, kurang lebihnya saya minta maaf, semoga postingan ini berguna bagi kita semua :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar