Minggu, 28 Desember 2014

Java (Logika program percabangan Switch)

Logika pada Program Switch

Halo, apa kabar? Berhubung tadi saya sudah memposting logika program percabangan pada java dengan metode if-else, sekarang saya akan mencoba memposting logika pemprograman percabangan dengan metode "Switch". Semoga postingan kali ini dapat temen-temen pahami :) . 


Pada gambar diatas tampak merupakan perintah awal agar mengimport library yang berfungsi agar dapat menginput data dari keyboard dan pada gambar diatas kita mengetahui bahwa kita memberi nama coba_switch sebagai class untuk program ini. Sedangkan sintaks “public static void main” merupakan perintah mutlak yang harus ditulis agar perintah-perintah pada selanjutnya dapat dijalankan dengan baik, sedangkan maksud void pada perintah itu bermaksud agar tidak si program tidak mengembalikan value atau sering disebut dengan istilah return value.

            Pada bagian ini merupakan bagian pengenalan variabel noHari dengan perintah int, berarti isi dari variabel ini merupakan bilangan bulat, tidak boleh berkoma. Dan nilai variabel itu akan diinput oleh pengguna nantinya.

            Pada perintah ini mempunyai arti untuk memunculkan tampilan berupa teks yang menyuruh pengguna untuk memasukkan nomor hari yang merupakan angka 1 sampai dengan angka 7 saja.




            Perintah-perintah atau sintaks berikut ini merupakan sintaks yang tergolong percabangan yang mempunyai arti bila yang diinput merupakan nomor yang ada disamping tulisan case maka akan melaksanakan perintah sesuai pada barisan case tersebut. Contohnya, bila yang dimasukkan oleh user adalah angka 5, maka perintah pada case 5 lah yang akan dijalankan. Yaitu perintah untuk memunculkan tulisan yang terdapat didalam tanda kurung pada sintaks tersebut. Fungsi break pada sintaks tersebut adalah untuk menghentikan proses percabangan bila angka yang diinput user tersedia perintahnya.
            Bila User memasukkan angka yang tidak tergolong dalam case 1 sampai case ke 7 maka program secara otomatis akan menjalankan perintah default, yaitu dengan memunculkan tulisan “Tidak ada hari (nomor yang diinput)”


Hasil Output Program

Sekianlah logika program percabangan dengan metode switch ini yang dapat saya posting, kurang lebihnya saya minta maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar