Minggu, 28 Desember 2014

Java GUI

LOGIKA PROGRAM GUI

Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan logika dari program yang menggunakan tampilan GUI yang sangat sederhana, yaitu JOptionPane. Langsung saja kita simak penjelasannya :) 


            Pada awal programnya, saya memasukkan perintah “import javax.swing” yang berfungsi agar program ini nantinya bisa menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada library java swing. Tanda bintang disamping sintaks diatas berarti kita bisa menggungakan seluruh fitur-fiturnya tanpa terkecuali.
            Lalu seperti biasa saya memberi nama class dari program saya ini dengan nama “tugasGUI” . Lalu saya memberikan syntaks “public static void main” berfungsi agar program ini nantinya bisa dijalankan secara mandiri, tanpa bantuan class program lainnya, dan makna void pada syntaks itu bermaksud agar program ini tidak membalikkan nilai.

            Lalu saya memperkenalkan variabel angka dengan tipe data string, lalu saya menggunakan fitur library java swing tadinya,yaitu menggunakan “Joptionpane” . Pertama, untuk meminta inputan dari user saya menggunakan “JOptionpane”. Joptionpane ini merupakan program yang akan menampilakan kotak dialog ke user, JOption ada beberapa jenis, yang saya gunakan adalah yang bertipe “Question Message” yang berarti kotak ini nanti memberikan pertanyaan.  Saya memberikan tulisan Masukkan angka pertama agar user tau bahwa dia disuruh untuk memasukkan angaka pertama. Saya memberikan judul dari kotak itu degan nama “INPUT ANGKA”. Lalu data yang dimasukkan si user tadi akan disimpan dalam variabel angka yang masih bertipe data string. Lalu pada tahap selanjutnya saya meng-intejer kan tipe data dari variabel angka yang tadinya bertipe string
            Karna rule pada program ini adalah user meng-input data sebanyak dua kali dengan mode GUI, maka saya membuat langkah diatas sebanyak dua kali, tetapi variabel yang akan menyimpan data yang dimasukkan user saya beri nama angka2, yang mana variabel angka2 ini awalnya bertipe data string dan akan di intejerkan juga pada akirnya.

            Lalu, saya menambahkan variabel tambah,kurang,kali,bagi dengan tipe data intejer disini. Variabel-variabel ini nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan aritmatika. Disini dapat kita ketahui bahwa variabel “tambah” itu nantinya akan menyimpan data dari hasil penghitungan dari nilai dari variabel angka1 ditambah dengan nilai dari variabel angka2. Variabel “kurang” nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan antara nilai variabel angka dikurang nilai variabel angka2. Variabel “kali” nanti akan menyimpan hasil penghitungan dari angka dikali angka2, dan begitu juga dengan “bagi” yang nantinya juga akan menyimpan hasil data penghitungan antara angka dibagi angka2.

            Setelah proses penghitungan, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan pesan pada console (cmd) “Hasil penjumlahan dari angka yang anda input adalah” dan pada akir kalimat tersebut akan saya tambahkan nominal hasil penghitungan yang sudah disimpan pada variabel tambah, setelah itu untuk memperapi,saya perintahkan untuk membuat baris baru dengan perintah “println” . Setelah jadi baris baru, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan kata-kata hasil penghitungan lainnya seperti kurang,kali,dan bagi. Untuk langkah selanjutnya tinggal mengcompile program tersebut dengan cmd, lalu menjalankannya.
            Sekian logika program tersebut yang bisa saya sampaikan, untuk hasil output dari program tersebut dapat dilihat dihalaman selanjutnya. Terima Kasih .



HASIL OUTPUT PROGRAM




Sekianlah yang dapat saya posting pada saat ini. Jika ada yang salah saya minta maaf. Atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar