LOGIKA
PROGRAM GUI
Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan logika dari program yang menggunakan tampilan GUI yang sangat sederhana, yaitu JOptionPane. Langsung saja kita simak penjelasannya :)
Pada awal programnya, saya memasukkan perintah “import
javax.swing” yang berfungsi agar program ini nantinya bisa menggunakan
fitur-fitur yang terdapat pada library java swing. Tanda bintang disamping
sintaks diatas berarti kita bisa menggungakan seluruh fitur-fiturnya tanpa
terkecuali.
Lalu seperti biasa saya memberi nama
class dari program saya ini dengan nama “tugasGUI” . Lalu saya memberikan
syntaks “public static void main” berfungsi agar program ini nantinya bisa
dijalankan secara mandiri, tanpa bantuan class program lainnya, dan makna void
pada syntaks itu bermaksud agar program ini tidak membalikkan nilai.
Lalu saya memperkenalkan variabel
angka dengan tipe data string, lalu saya menggunakan fitur library java swing
tadinya,yaitu menggunakan “Joptionpane” . Pertama, untuk meminta inputan dari
user saya menggunakan “JOptionpane”. Joptionpane ini merupakan program yang
akan menampilakan kotak dialog ke user, JOption ada beberapa jenis, yang saya
gunakan adalah yang bertipe “Question Message” yang berarti kotak ini nanti
memberikan pertanyaan. Saya memberikan
tulisan Masukkan angka pertama agar user tau bahwa dia disuruh untuk memasukkan
angaka pertama. Saya memberikan judul dari kotak itu degan nama “INPUT ANGKA”.
Lalu data yang dimasukkan si user tadi akan disimpan dalam variabel angka yang
masih bertipe data string. Lalu pada tahap selanjutnya saya meng-intejer kan
tipe data dari variabel angka yang tadinya bertipe string
Karna rule pada program ini adalah
user meng-input data sebanyak dua kali dengan mode GUI, maka saya membuat
langkah diatas sebanyak dua kali, tetapi variabel yang akan menyimpan data yang
dimasukkan user saya beri nama angka2, yang mana variabel angka2 ini awalnya
bertipe data string dan akan di intejerkan juga pada akirnya.
Lalu, saya menambahkan variabel
tambah,kurang,kali,bagi dengan tipe data intejer disini. Variabel-variabel ini
nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan aritmatika. Disini dapat kita
ketahui bahwa variabel “tambah” itu nantinya akan menyimpan data dari hasil
penghitungan dari nilai dari variabel angka1 ditambah dengan nilai dari
variabel angka2. Variabel “kurang” nantinya akan menyimpan data hasil
penghitungan antara nilai variabel angka dikurang nilai variabel angka2.
Variabel “kali” nanti akan menyimpan hasil penghitungan dari angka dikali
angka2, dan begitu juga dengan “bagi” yang nantinya juga akan menyimpan hasil
data penghitungan antara angka dibagi angka2.
Setelah proses
penghitungan, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan pesan pada console
(cmd) “Hasil penjumlahan dari angka yang anda input adalah” dan pada akir
kalimat tersebut akan saya tambahkan nominal hasil penghitungan yang sudah
disimpan pada variabel tambah, setelah itu untuk memperapi,saya perintahkan
untuk membuat baris baru dengan perintah “println” . Setelah jadi baris baru,
saya memerintahkan komputer untuk menampilkan kata-kata hasil penghitungan
lainnya seperti kurang,kali,dan bagi. Untuk langkah selanjutnya tinggal
mengcompile program tersebut dengan cmd, lalu menjalankannya.
Sekian logika program
tersebut yang bisa saya sampaikan, untuk hasil output dari program tersebut
dapat dilihat dihalaman selanjutnya. Terima Kasih .
HASIL
OUTPUT PROGRAM
Sekianlah yang dapat saya posting pada saat ini. Jika ada yang salah saya minta maaf. Atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar