Minggu, 28 Desember 2014

Pengenalan dan Perkembangan Komputer

Hai, apa kabar? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan/menuliskan kembali isi dari laporan akir dari praktek PTKI yang dapat saya mengerti. Pada postingan kali ini akan lebih fokus ke arah perkenalan dan perkembangan komputer. Semoga postingan saya ini bermanfaat bagi kita semua :)

 I     Definisi dan Sejarah Komputer
Komputer adalah suatu mesin yang diciptakan Manusia yang awalnya memiliki fungsi seperti “kalkulator” dan seiring perkembangan zaman akirnya komputer sudah bisa membantu pekerjaan manusia dalam bidang pem-prosessan datasecara elektronik. Dulu komputer hanya bisa digunakan untuk menghitung belum bisa menampilkan grafik dan menjalankan program seperti komputer zaman sekarang.     
Berikut adalah definisi Komputer menurut para ahli:
a.       Robert H Blissmer (buku Computer Annual)
“Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memprosesnya dan menghasilkan output yang berupa informasi”
b.      Donald H.Sanders (buku Computer today)
“Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).”

Secara umum Komputer dapat dinyatakan sebagai:
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja scara otomatis.

II   Perkembangan Komputer
Dalam perkembangannya, komputer dibagi dalam beberapa generasi, yaitu:
1.      Generasi Pertama (1946-1959)
Pada masa generasi pertama dalam perkembangannya, komputer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
       Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
       Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER
       Ukuran fisik komputer sangat besar dan Cepat panas
       Proses kurang cepat dan Kapasitas penyimpanan kecil
       Memerlukan daya listrik yang besar
       Orientasi pada aplikasi bisnis


Berikut adalah contoh komputer pada generasi pertama adalah:
a.       ENIAC (1946) , komputer ini memiliki berat lebih dari 30ton dan besarnya lebih 2dari 500m­2  dan membutuhkan daya listrik sebesar174kilowats
b.      IBM 701 (1953), komputer komersial berukuran besar dan juga merupakan komputer generasi pertama yang terpopuler

2.      Generasi kedua (1959-1964)
Ciri-ciri komputer pada masa ini adalah:
      Sirkuitnya berupa transistor
      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; ex (cobol,algol,fortran)
      Kapasitas memori utama sudah cukup besar (puluhan ribu karakter)
      Proses operasi sudah cepat
      Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
      Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Contoh komputer pada generasi ini adalah “IBM 401” & “IBM1602”

3.      Generasi ketiga (1964-1970)
Komputer pada generasi ini memiliki ciri-ciri:
      Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
       Pemrosesan lebih cepat
       Kapasitas memori lebih besar lagi
       Penggunaan listrik lebih hemat
       Bentuk fisik lebih kecil (ratusan ribu karakter)
       Banyak bermunculan application software
Contoh Komputer pada generasi ini adalah:
 1. IBM S/360 (1964)  komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.
2. NOVA (1969) dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama
4.   Generasi Keempat (1970-1990)
Pada generasi ini komputer sudah menggunakan LSI (LargeScaleIntegration) atau nama lainya BLSI(BipolarLargeScaleIntegration) dan pada generasi ini sudah dikembangkannya mikro prosesor dan memory komputer. Contoh komputernya adalah IBM 370, Cray-1, Apple I, Apple II, Komputer IBM PC yang pertama  Pentium II , AMD K6 3D. Perlu diketahui bahwa pada generasi ini sudah menggukan Windows versi pertama.
5.      Generasi Kelima (Sejak 1990-sekarang)
Ciri-ciri komputer pada masa ini adalah Menggunakan VLSI yang merupakan pengembangan dari LSI dan dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium. Dan juga kurannya semakin kecil

III        Jenis-Jenis Komputer
            Komputer dibedakan berdasarkan 3 hal yaitu:
1.      Data yang di olah
Komputer Analog à mengolah data kualitatif
            Komputer Digital à mengolah data kuantitatif
            Komputer Hybrid à kombinasi antara analog dan digital

2.      Penggunaan
Merupakan tentang penggunaan komputer secara umum dan khusus.
·         Komputer untuk tujuan Khusus (special purpose computer)
                   server, PC Routher, atau terminal dumb
·         Komputer untuk tujuan Umum (general purpose computer)

3.      Bentuk dan Ukuran
Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dibagi menjadi:
a.       Super Computer, Menyelesaikan masalah yang kompleks,harganya relative mahal, komputer ini umumnya digunakan oleh pihak Pemerintah dan Universitas
b.      Mainframe Computer, Computer yg digunakan ketika user membutuhkan akses untuk menjalankan program,dan memakai data secara bersama-sama. Biasanya sebagai server e-commerce
c.       Mini Computer, Computer ini lebih kecil dari MainFrame computer dan lebih besar dari micro computer, biasanya digunakan sebagai server dari suatu jaringan.
d.      WorkStation Computer, merupakan komputer single user (satu pengguna) yang sangat powerfull , biasanya digunakan untuk penggunaan komputer yang digunakan sebagai pekerjaan berat. Ex: Pembuatan Animasi Komputer
e.       Micro Computer, Merupakan jenis komputer pribadi yang digunakan orang dalam sehari-hari. Ex:Dekstop User, Laptop, dan PDA.


IV        Bagian-bagian Komputer
Komputer terdiri atas 3 bagian, yaitu Software,Hardware,dan Brainware. Suatu komputer tidak akan mungkin bisa dijalankan bila salah satu dari bagian tersebut tidak ada. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian komputer tersebut:
1.      Hardware
Hardware merupakan perangkat keras dari sebuah komputer (peralatan yang bisa disentuh secara langsung) Hardware dalam komputer memiliki 3 fungsi, yaitu “Input,Proses,dan Output”
Input berarti perangkat tersebut sebagai media memasukan data yang nantinya akan di proses komputer tersebut. Contohnya: Keyboard,Joystic,Mouse,dll.
Proses berarti perangkat tersebut sebagai alat pemprosessan pada komputer, umumnya perangkat pemprosesan ini terdapat di dalam CPU. Contohnya: Prosessor,RAM,dll.
Output berarti perangkat tersebut sebagai media mengeluarkan data yang tadinya sudah diproses oleh komputer. Contoh alat ini adalah: Monitor,Speaker,Printer,dll
2.      Software
Software merupakan perangkat lunak dalam sebuah komputer. Perangkat Lunak ini tidak bisa disentuh secara langsung. Software pada komputer terdiri dari 2 jenis, yaitu:
a.       Sistem Operasi, yaitu merupakan suatu sistem yang wajib diinstalkan dalam suatu komputer agar komputer tersebut bisa digunakan. Sistem Operasi berfungsi seperti sebuah jembatan penghubunga antara Hardware dan Brainware. Contoh Sistem Operasi adalah: Windows,Linux,Dos,Unix,MacOS,dll
b.      Program Aplikasi, yaitu merupakan program tambahan yang dipasang di sebuah komputer agar dapat melaksanakan tugas seperti mengetik,memutar lagu,dll.
Contoh Program Aplikasi adalah
·         Ms.Office
·         Anti Virus (Sebagai Utility pada komputer)
·         Java (Sebagai program aplikasi yang berfungsi sebagai bahasa pemrograman)

3.      Brainware
Brainware merupakan pengguna dari suatu komputer. Biasanya brainware itu merupakan “System Analysis,Programer,Administrator,Operator,dan pengguna biasa)




Pembahasan Tentang Hardware dalam CPU
CPU merupakan Otak dari sebuah komputer. Didalam CPU terdapat Hardware seperti:
·         MotherBoard/MainBoard : Papan induk dalam sebuah komputer, dimana papan ini merupakan tempat untuk memasangkan perangkat seperti harddisk,Ram,Procecor,dll
·         Procesor : Merupakan inti dari komputer agar bisa menjalankan perintah yang diberikan oleh brainware
·         Harddisk : Merupakan Media penyimpanan yang memiliki kapasitas sangat besar.
·         Ram : Merupakan alat yang membatu proses pekerjaan suatu komputer. Ram berfungsi sebagai suatu pesuruh dalam komputer agar dapat menjalankan banyak software dengan lancar.
·         CMOS : Merupakan perangkat yang terpasang pada motherboard yang berguna untuk sumber listrik kecil untuk menjalankan alat waktu untuk sebuah komputer. Sehingga bila komputer mati, hitungan waktu pada komputer tersebut tetap berjalan
·         LAN Card : Merupakan perangkat tambahan yang dipasangkan pada motherboard yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan, baik wireless ataupun dengan kabel
·         SoundCard : Merupakan alat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara
·         VGA Card : Merupakan alat yang berfungsi untuk membantu Monitor menampilkan grambar. Semakin tinggi kapasitas VGA yang terpasang, maka pixel pada monitor semakin bagus.
·         PowerSupply : Media pengubah arus listrik AC menjadi DC yang nantinya dialirkan ke motherboard agar setiap perangkat yang terpasang pada motherboard bisa dioperasikan
·         Kabel ATA/SATA : Sebagai alat penghubung antara harddisk dengan motherboard. Dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan motherboardnya.
·         Fan : Sebagai kipas pendingin yang dipasangkan dalam cpu agar suhu dalam cpu tidak panas dan menimbulkan kerusakan pada peralatan didalamnya.


Sekianlah yang dapat saya jabarkan tentang pengenalan komputer pada kali ini. Kurang lebihnya saya minta maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar