Minggu, 28 Desember 2014

Pembuatan Program sederhana pada linux


Hai, terimakasih telah berkunjung. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pembuatan program sederhana pada linux dengan memanfaatkan shell. Selamat membaca :)

Logika Program Kedai


Pada listing program diatas, kita melihat kita menggunakan perintah echo yang berarti memerintahkan untuk menampilkan tulisan “Menu Hari Ini” dan pada baris selanjutnya menampilkan caracter “-------------“  yang merupakan sekedar penghias untuk yang ditampilkan nantinya. Lalu kita juga menampilkan menu-menu yang akan ditawarkan, diantaranya adalah Bakso,Gado-gado, dan Exit. Setelah menu exit saya menampilkan caracter “=======” hanya sekedar untuk penghias saja. Lalu dibawahnya kita memasukkan perintah untuk membaca data yang diinput oleh user, yang mana angka tersebut disarankan adalah dari angka 1 sampai angka 3 saja dan angka tersebut akan disimpan dalam variabel “pil”

Lalu kita memberikan program percabangan “If else bertingkat” yang mana pernyataan pertamanya, bila pilihan yang dimasukkan oleh user adalah equivalen 1 maka akan menampilkan “Banyak Mangkok” yang mana nanti si user juga akan memasukkan data lagi seberapa banyak mangkok yang dia mau. Dan banyak nya jumlah yang user mau kita simpan dalam variabel “jum”. Dan setelah itu akan ada proses penghitungan dimana variabel bayar itu isinya adalah variabel jumlah dikali 6000.
Selanjutnya kita masuk kedalam listing program percabangan selanjutnya yaitu , bila pada saat menu pilihan itu user memasukkan data berupa equivalen 2 ,  maka program akan memunculkan pesan yang bertanya “Banyak Porsi” yang mana nantinya si user akan memasukkan data lagi, dan akan disimpan dalam variabel jumlah. Lalu setelah itu akan ada proses penghitungan lagi yang mana variabel bayar itu isinya dari variabel jumlah dikalikan dengan 5000.

Lalu, kita masuk pada percabangan selanjutnya, bila tipe data yang dimasukkan user saat menu pilihan tadi adalah equivalen 3, maka program akan keluar (exit) dan bila user memasukkan data diluar dari angka yang ditentukan, maka akan muncul pesan “Sorry tidak tersedia” dan selanjutnya program akan di exit. Dibawahnya kita dapat melihat syntaks “fi” yang merupakan tanda bahwa itu akir dari percabangan bertingakat tadi.

Selanjutnya bila user sudah memasukkan data yang benar, maka akan muncul pesan “Harga bayar “ yang akan ditambah dengan nominal yang tersimpan pada variabel bayar. Dan setelah itu akan menampilkan pesan “Terima Kasih” . Dan syntaks break diatas memerintahkan program untuk keluar dari proses perulangan (looping) dan dibawahnya ada perintah done yang berfungsi untuk meng-akhiri program.
Berikut adalah tampilan program saat dijalankan



Baiklah, sekian yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat berguna bagi kita semua. Terimakasih :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar