Minggu, 28 Desember 2014

Java GUI

LOGIKA PROGRAM GUI

Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan logika dari program yang menggunakan tampilan GUI yang sangat sederhana, yaitu JOptionPane. Langsung saja kita simak penjelasannya :) 


            Pada awal programnya, saya memasukkan perintah “import javax.swing” yang berfungsi agar program ini nantinya bisa menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada library java swing. Tanda bintang disamping sintaks diatas berarti kita bisa menggungakan seluruh fitur-fiturnya tanpa terkecuali.
            Lalu seperti biasa saya memberi nama class dari program saya ini dengan nama “tugasGUI” . Lalu saya memberikan syntaks “public static void main” berfungsi agar program ini nantinya bisa dijalankan secara mandiri, tanpa bantuan class program lainnya, dan makna void pada syntaks itu bermaksud agar program ini tidak membalikkan nilai.

            Lalu saya memperkenalkan variabel angka dengan tipe data string, lalu saya menggunakan fitur library java swing tadinya,yaitu menggunakan “Joptionpane” . Pertama, untuk meminta inputan dari user saya menggunakan “JOptionpane”. Joptionpane ini merupakan program yang akan menampilakan kotak dialog ke user, JOption ada beberapa jenis, yang saya gunakan adalah yang bertipe “Question Message” yang berarti kotak ini nanti memberikan pertanyaan.  Saya memberikan tulisan Masukkan angka pertama agar user tau bahwa dia disuruh untuk memasukkan angaka pertama. Saya memberikan judul dari kotak itu degan nama “INPUT ANGKA”. Lalu data yang dimasukkan si user tadi akan disimpan dalam variabel angka yang masih bertipe data string. Lalu pada tahap selanjutnya saya meng-intejer kan tipe data dari variabel angka yang tadinya bertipe string
            Karna rule pada program ini adalah user meng-input data sebanyak dua kali dengan mode GUI, maka saya membuat langkah diatas sebanyak dua kali, tetapi variabel yang akan menyimpan data yang dimasukkan user saya beri nama angka2, yang mana variabel angka2 ini awalnya bertipe data string dan akan di intejerkan juga pada akirnya.

            Lalu, saya menambahkan variabel tambah,kurang,kali,bagi dengan tipe data intejer disini. Variabel-variabel ini nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan aritmatika. Disini dapat kita ketahui bahwa variabel “tambah” itu nantinya akan menyimpan data dari hasil penghitungan dari nilai dari variabel angka1 ditambah dengan nilai dari variabel angka2. Variabel “kurang” nantinya akan menyimpan data hasil penghitungan antara nilai variabel angka dikurang nilai variabel angka2. Variabel “kali” nanti akan menyimpan hasil penghitungan dari angka dikali angka2, dan begitu juga dengan “bagi” yang nantinya juga akan menyimpan hasil data penghitungan antara angka dibagi angka2.

            Setelah proses penghitungan, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan pesan pada console (cmd) “Hasil penjumlahan dari angka yang anda input adalah” dan pada akir kalimat tersebut akan saya tambahkan nominal hasil penghitungan yang sudah disimpan pada variabel tambah, setelah itu untuk memperapi,saya perintahkan untuk membuat baris baru dengan perintah “println” . Setelah jadi baris baru, saya memerintahkan komputer untuk menampilkan kata-kata hasil penghitungan lainnya seperti kurang,kali,dan bagi. Untuk langkah selanjutnya tinggal mengcompile program tersebut dengan cmd, lalu menjalankannya.
            Sekian logika program tersebut yang bisa saya sampaikan, untuk hasil output dari program tersebut dapat dilihat dihalaman selanjutnya. Terima Kasih .



HASIL OUTPUT PROGRAM




Sekianlah yang dapat saya posting pada saat ini. Jika ada yang salah saya minta maaf. Atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih :)

Java (Perulangan)

LOGIKA PROGRAM PERULANGAN YANG BATAS PERULANGAN DITENTUKAN OLEH USER

Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara logika dari program perulangan yang batas perulangannya ditentukan oleh user. Semoga tulisan ini dapat berguna bagi kita :)


Sintaks diatas berarti dalam program yang akan kita buat ini kita memberikan layanan input yang akan dilakukan oleh user dari program ini, perintah untuk memberikan input ada banyak dalam java, pada program ini saya menggukan “scanner” karena lebih mudah dalam pengcodingannya. Lalu setelah itu kita memberi class pada program ini dengan nama “batas”. Lalu codingan berikutnya merupakan perintah agar program yang kita buat ini dapat dijalankan secara mandiri(berjalan sendiri tanpa program dengan class lain)

Pada tahap selanjutnya, saya memperkenalkan variabel batas dengan tipe data intejer yang berarti nilai dari variabel itu nantinya adalah bilangan bulat. Selanjutnya saya memberi perintah untuk melakukan pembacaan data yang dimasukkan oleh user. Saya memerintahkan untuk menampilkan tulisan “masukkan batas perulangan” yang berarti saat itulah si user memasukkan perintah berupa angka. Perintah yang dimasukkan oleh user pada tahap selanjutnya diIntejer kan terlebih dahulu.

Tahap selanjutnya adalah memperkenalkan variabel “i” dengan tipe data intejer. Lalu setelah itu saya memberikan perintah perulangan, yang mana “i” saya beri nilai 0 (nol) dan apabila i lebih kecil dari nominal nilai variabel batas maka nilai “i” akan ditambahkan satu dan akan melakukan perulangan dengan menampilkan kata “ini perulangan ke” lalu diakir kalimatnya diberi nilai dari “i” tersebut.


Berikut ini adalah hasil output program tersebut bila dijalankan

Sekian penjelesan saya tentng perulangan ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.




Java (Method,Class,Objek)

Selamat malam :) Kembali berjumpa lewat postinga blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memposting tentang Method,class,dan objek pada java yang sudah dicampur aduk kedalam program. (cie elah dicampur aduk :D)



Pada gambar diatas kita dapat melihat kode yang merupakan kode/statement diawal program yang berfungsi agar program yang dijalankan akan memerintahkan user untuk memasukkan angka secara manual.

Sintaks seperti gambar diatas menunjukkan kepada kita bahwa dalam program ini kita membuat salah satu nama class nya dengan “kotak”. Dan didalam kelas kotak kita memperkenalkan variabel-variabel yang akan digunakan dengan method “double” yang berarti angka yang akan dimasukkan bisa bilangan berkoma. Tetapi bila kita cermati pada class ini kita tidak memberikan method main void, jadi nantinya program class ini tidak bisa dijalankan secara sendiri, namun tetap bisa dijalankan dengan istilah menumpang pada class yang memanggil class ini.

Kode diatas berfungsi untuk menampilkan caracter pada dalam kurung tepatnya diantara tanda kutip dua lalu nantinya akan ditambah dengan hasil dari hasil penghitungan antara “panjang x lebar x tinggi”

Selanjutnya dalam satu file java ini kita membuat class kedua dengan nama “demokotak1” dan diberi codingan agar class yang ini dapat dijalankan secara sempurna saat dijavac. Pada Gambar diatas juga kita mengetahui bahwa kita memanggil class kotak yang pertama kita buat tadi untuk digunakan sebanyak dua kali dalam sekali menjalankan programnya. Dan dibaris terakir terdapat kode yang berfungsi untuk membaca hasil masukkan dari pengguna nanti.

Seperti yang terlihat diatas, kita memunculkan tulisan Masukkan Panjang,Masukkan Lebar, dan Masukkan Tinggi ke layar dan akan disertai dengan perintah untuk si user meng-input data semaunya yang mana data yang diinput si user nantinya akan di bulatkan. Disini dapat kita ketahui akan melakukan 2 penghitungan langsung nantinya.

Nah, berikut ini merupakan operasi penghitungan yang nantinya akan dikerjakan oleh komputer agar bisa mengeluarkan hasil sesuai dengan penghitungan aritmatika, dan tentunya hasilnya akan disimpan ke variabel yang sudah perkenalkan tadi. Sekali lagi, disini kita akan menghitung 2 volume sekali gus dengan angkat yang berbeda-beda yang tentunya sudah ditentukan oleh si user tadinya.

Disini kita memerintahkan komputer untuk memculkan teks kosong, yang mana nantinya teks kosong itu akan ditimpa(diisi) oleh isi oleh hasil penghitungan aritmatika dengan rumus yang kita tentukan tadinya.





Jadi, ketika kita mensave file java nya, dan mencoba menjavac nya, nantinya akan muncul 2 file class yang merupakan 2 class yang kita buat dalam 1 file java ini. Untuk lebih jelasnya saya memberikan gambar bukti bahwa munculnya 2 class yang kita buat tadinya.

Lalu, untuk menjalankan programnya kita harus menjalankan class yang ada method voidnya, karena bila kita menjalankan class yang tidak ada method void nya maka akan muncul pesan kesalahan seperti dibawah ini.

Jadi jika ingin menjalankan programnya kita jalankan class demokotak1,karena class tersebut memiliki method void , sehingga program pada class itu dapat dijalankan secara sempurna. Berikut adalah gambar saat program sudah dijalankan.


 Sekianlah yang dapat saya posting pada kali ini, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya Terimakasih

Java (Logika program percabangan Switch)

Logika pada Program Switch

Halo, apa kabar? Berhubung tadi saya sudah memposting logika program percabangan pada java dengan metode if-else, sekarang saya akan mencoba memposting logika pemprograman percabangan dengan metode "Switch". Semoga postingan kali ini dapat temen-temen pahami :) . 


Pada gambar diatas tampak merupakan perintah awal agar mengimport library yang berfungsi agar dapat menginput data dari keyboard dan pada gambar diatas kita mengetahui bahwa kita memberi nama coba_switch sebagai class untuk program ini. Sedangkan sintaks “public static void main” merupakan perintah mutlak yang harus ditulis agar perintah-perintah pada selanjutnya dapat dijalankan dengan baik, sedangkan maksud void pada perintah itu bermaksud agar tidak si program tidak mengembalikan value atau sering disebut dengan istilah return value.

            Pada bagian ini merupakan bagian pengenalan variabel noHari dengan perintah int, berarti isi dari variabel ini merupakan bilangan bulat, tidak boleh berkoma. Dan nilai variabel itu akan diinput oleh pengguna nantinya.

            Pada perintah ini mempunyai arti untuk memunculkan tampilan berupa teks yang menyuruh pengguna untuk memasukkan nomor hari yang merupakan angka 1 sampai dengan angka 7 saja.




            Perintah-perintah atau sintaks berikut ini merupakan sintaks yang tergolong percabangan yang mempunyai arti bila yang diinput merupakan nomor yang ada disamping tulisan case maka akan melaksanakan perintah sesuai pada barisan case tersebut. Contohnya, bila yang dimasukkan oleh user adalah angka 5, maka perintah pada case 5 lah yang akan dijalankan. Yaitu perintah untuk memunculkan tulisan yang terdapat didalam tanda kurung pada sintaks tersebut. Fungsi break pada sintaks tersebut adalah untuk menghentikan proses percabangan bila angka yang diinput user tersedia perintahnya.
            Bila User memasukkan angka yang tidak tergolong dalam case 1 sampai case ke 7 maka program secara otomatis akan menjalankan perintah default, yaitu dengan memunculkan tulisan “Tidak ada hari (nomor yang diinput)”


Hasil Output Program

Sekianlah logika program percabangan dengan metode switch ini yang dapat saya posting, kurang lebihnya saya minta maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih :)

Java (Logika program percabangan if-else)

Logika pada program if-else


Halo, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memposting tentang apa yang sudah saya pelajari tentang pemprograman java, semoga apa yang saya posting iini bermafaat bagi kita semua. Langsung aja yuk kita bahas :)


Dari gambar diatas kita mengetahui bahwa kita memberi nama testing8 sebagai class untuk program ini. Sedangkan sintaks “public static void main” merupakan perintah mutlak yang harus ditulis agar perintah-perintah pada selanjutnya dapat dijalankan dengan baik, sedangkan maksud void pada perintah itu bermaksud agar tidak si program tidak mengembalikan value atau sering disebut dengan istilah return value.

Sintaks yang terlihat pada gambar diatas merupakan sintaks untuk memperkenalkan variabel pada program yang dijalankan. NilaiIndeks akan diperkenalkan dengan methode char. Methode Char ini digunakan untuk tipe data karakter tunggal. Sedangkan nilaiAkhir,nilaiUTS,dan nilaiUAS diperkenalkan dengan methode double. Methode double itu khusus digunakan apabila data yang akan disimpan pada variabel itu berupa angka yang berkoma. Variabel nilaiUTS dan nilaiUAS sudah ditentukan sedangkan nilaiAkhir itu merupakan hasil operasi aritmatika dari 40 persen dari nilaiUTS ditambah dengan 60 persen dari nilaiUAS.

Pada gambar diatas merupakan methode percabangan if-else. Yang dapat kita pahami sebagai berikut:
1.      Apabila hasil nilaiAkhir yang tadi nominalnya lebih besar atau sama dengan 80 maka nilai indeks yang akan dimunculkan adalah A.
2.      Bila hasil nilaiAkhir yang tadi nominalnya lebih besar atau sama dengan 70 maka nilai indeks yang akan dimunculkan adalah B
3.      Bila hasil nilaiAkhir yang tadi nominalnya lebih besar atau sama dengan 50 maka nilai indeks yang akan dimunculkan adalah C
4.      Bila hasil nilaiAkhir yang tadi nominalnya lebih besar atau sama dengan 30 maka nilai indeks yang akan dimunculkan adalah D
5.      Dan yang terakir, apa bila hasil atau nominal pada nilaiAkhir lebih kecil dari 30 maka nilai indeks yang muncul adalah E


Pada sintaks seperti gambar diatas mempunyai maksud/arti untuk memunculkan kata-kata yang ada didalam tanda kurung, tepatnya yang berada diantara tanda petik dua (“) lalu kata-kata tersebut akan ditambahkan dengan nominal dari variabel nilaiAkhir dan Indeks yang sesuai dengan variabel tersebut.
Setelah kita membuat program tersebut, seperti biasa langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah men-javac program tersebut lalu mencoba menjalankannya. 
Semoga penjelasan logika dari program ini dapat teman-teman mengerti dan bermanfaat bagi kita. Trimakasih Atas kunjungannya :) 

Java (Kalkulator Sederhana)


Pembahasan Coding program KalkulatorSederhana pada Java


Hai, terimakasih udah ngunjungin blog saya. Pada kesempatan kali iini saya akan mencoba memposting tentang pelajaran saya, yaitu tentang pemprograman java. Tepatnya untuk program Kalkulator sederhana. Langsung saja kita bahas :)


import java.io.DataInputStream, merupakan class inputan yang telahtersediaolehprogram java untukmenerimamasukandari user yang kemudiandiikutioleh variablepenampungseluruhinputan.
import java.io.IOException , merupakankelasinputan yang telahtersediaolehprogram java untukmenyediakanpenangananterhadap error ataukesalahan.
public class KalkulatorSederhana { , merupakan code untuk penamaan class dari program ini.
public static void main(String[] args) throws Exception{berfungsiuntukmendeklarasikam method( ) dengan statement throws Exception yang artinyamelemparkan Exception tersebutkedalam method untukmendefinisikankondisi yang  terjadiapabilaapabilamenerimaExceptintersebut.
DataInputStream input = new DataInputStream(System.in);berfungsi sebagai kelasabstrak yang dirancangsebagaikelasinduk yang digunakan untuk melakukanpembacaan data.
String strnama berfungsi sebagai memanipulasi data teks, sedangkan nullberfungsi karakter yang dibuat tidak harus berisi nilai
Try{ kode ini berfungsi sebagai penangan masalah pada thread agar threadnya tidak mati jika ada masalah.
System.out.println (“Masukkannama : “)merupakan kode yang berfungsi untuk memunculkan huruf atau kata yang terdapat diantara tanda kutip dua.
strnama= input.readline()method tersebutakanmendapatkan input dari user danmemberikansebuahnilai String. Nilaiiniakandisimpankedalamvariabel name, yang akankitagunakanpada statement akhiruntukmenyambut user.
System.out.println (“MasukkanNPM : “)berfungsiuntukmencetakangkaataukarakter di LayarMasukkan NPM:
strNPM = input.readLine();berfungsi untuk mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan kedalam variabel yang akan dimunculkan pada statement akir untuk menyambut user.
System.out.println();merupakan kode yang berfungsi untuk menampilkan sesuatu pada layar
System.out.println("NB: Angka Pertama yang diinput harus lebih besar dari Angka Kedua");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2.
System.out.println("Masukkan Angka Pertama: ");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2 dan termaksud ruang yang nantinya akan diisi oleh user dengan angka
strangka1 = input.readLine();Merupakan kode agar nominal yang barusan di input oleh user disimpan dalam variabel strangka1
System.out.println("Masukkan Angka Kedua: ");Merupakan kode untuk menampilkan tulisan yang berada diantara tanda kutip 2 dan termaksud ruang yang nantinya akan diisi oleh user dengan angka
strangka2 = input.readLine();Merupakan kode agar nominal yang barusan di input oleh user disimpan dalam variabel strangka1






Intangka 1;adalahsebagaipengenal variable-variabel yang akan digunakan dalam penghitungan maupun pengenalan untuk variabel dari angka pertama dan angka kedua yang di input.
tambah = angka1 + angka2;Merupakan Prosedur penghitungan yang dilakukan
kurang = angka1 - angka2;                            dengan menggunakan variabel-variabel yang sudah    
kali = angka1 * angka2;                                 diperkenalkan sebelumnya, dan nantinya hasil dari
bagi = angka1 / angka2;                 penghitungannya akan disimpan pada variabel itu sendiri.

System.out.println();
System.out.println("Kalkulator sederhana ini dibuat oleh "+strnama+" dengan NPM "+strNPM);
System.out.println("Hasil Pertambahan angka pertama dengan angka kedua: "+tambah);
System.out.println("Hasil pengurangan angka pertama dengan angka kedua: "+kurang);
System.out.println("Hasil Perkalian angka pertama dengan angka kedua: "+kali);
System.out.println("Hasil Pembagian angka pertama dengan angka kedua: "+bagi);
Merupakankodeperintah yang berfungsiuntukmenampilkanteks yang beradadiantaratanda
kutip2 yang nantinyajugaakandihiasatauditambahdengannilai-nilai dari variabel, seperti

variabel strnama,strNPM,tambah,kurang,kali,dan bagi.

Sekian penjelasan yang dapat saya posting, kurang lebihnya saya minta maaf, semoga postingan ini berguna bagi kita semua :) 

Bahasa Pemprograman dan Sistem Operasi.

                                  BAHASA PEMPROGRAMAN dan SISTEM OPERASI


     Halo, selamat bertemu kembali dengan blog saya vendes pada postingan di blog saya ini.  Pada kesempatan  kali ini saya ingin mencoba mencurahkan pemahaman saya pada anda tentang pemikiran saya tentang Sistem Operasi dan Bahasa Pemprograman, ya walaupun mungkin ini agak sedikit ngeyel :D .
    Sebelumnya teman-teman pada udah tau blom apa itu sistem operasi dan bahasa pemprograman? Kalo belum tau, saya coba jelaskan sedikit dulu ya.
    Sistem Operasi merupakan software pokok yang harus kita instal/pasang pada sebuah pc agar pc tersebut bisa mengerti perintah yang diberikan oleh si user dan menjalankannya. (Kalo saya sih biar gampang ingatnya dengan cara meng-anggap Sistem Operasi itu seperti sebuah jembatan penghubung antara komputer dengan pengguna). Contoh S.0 adalah Windows,Linux,Unix,MacOS,dll
    Sedangkan Bahasa pemprograman itu adalah software tambahan yang dipasangkan di pc yang mana bisa membantu pengguna dalam proses pembuatan program. Contohnya adalah : VisualBasic,Java,Delphi,dll


      Nah, yang diatas merupakan penjelasan dasar tentang Bahasa Pemprograman dan Sistem Operasi, dan mungkin juga teman-teman semua sudah pernah tau/belajar itu di kelas/kursus/dari blogblog lainnya.   
     Kebetulan saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, maka akan sangat sering mempelajari tentang kedua hal diatas, dan waktu dikelas sedang belajar kedua hal diatas saya pernah ter-pikir bahwa Sistem Operasi dan Bahasa Pemprograman itu memiliki suatu hubungan timbal balik yang kalau diumpamakan Sistem Operasi itu sebagai “Induk” (karena dia merupakan program pokok yang harus diinstalkan pada pc) dan Bahasa pemprograman sebagai “anak” (karena dia tidak wajib diinstalkan pada suatu pc) maka kita akan menyadari bahwa:
1.    Anak tidak bisa hidup tanpa induk (Bahasa Pemprograman tidak akan bisa dijalankan pada pc bila tidak ada Sistem Operasinya)
2.    Induk bisa dibuat dari anak (Sistem Operasi walaupun merupakan program inti,tapi tetap dihasilkan dari bahasa pemprograman)

      Nah, dari pemikiran saya yang seperti itulah saya bersemangat belajar tentang pemprograman, (ya walaupun sedikit menyiksa batin :D) Semoga saja kelak saya bisa menghasilkan sebuah software induk (SistemOperasi) yang baru dari hasil saya belajar tentang si anak (Bahasa Pemprograman)




     Nah, sekian yang yang bisa saya ceritakan sedikit tentang pemikiran saya, semoga postingan ini ada gunanya, saya minta maaf bila ada kesalahan pendapat,penulisan.
 Terima Kasih atas kunjungannya :)